Bisnis Makanan dan Minuman

Kampus Boleh Gelar Kuliah Tatap Muka Mulai Januari 2021, Ini Syarat Yang Harus Dipenuhi

Selain itu belajar dari rumah juga akan memecah konsentrasi karena rentan mengalami gangguan dari anggota keluarga lain. Sehingga sejauh ini tempat dan kondisi yang paling best untuk pelaksanaan KBM masih tetap di sekolah, yang memang dikhususkan untuk tempat belajar. Selain itu dalam KBM daring akan selalu menggunakan gawai dan koneksi web yang tentu saja akan sangat rentan membuat para siswa menjadi tidak fokus.

Namun, adanya face protect akan memberikan perlindungan ekstra selama Sobat menjalani perkuliahan di dalam kelas. Jika saat kuliah ada banyak kegiatan praktikum di laboratorium, face defend juga akan menghindarkanmu dari percikan air atau bahan lainnya secara langsung. Dari survei tersebut juga diketahui bahwa 80% dosen dan 17% mahasiswa UI telah divaksinasi. “Prinsipnya, kami ingin menjaga kesehatan dan keselamatan seluruh sivitas akademika selama berkegiatan di kampus,” ujar Prof. Haris. Terakhir ia mengatakan, pihak kampus juga harus melakukan konsultasi dengan Gugus Tugas Covid-19 sebelum melakukan belajar tatap muka.

Tatap muka bagi anak kuliah

“Yang divaksin hari ini dosen, tenaga pendidikan dan non tenaga pendidikan, totalnya 458 orang. Pembiayaan vaksin free karena ini vaksin gratis dari pemerintah,” ujar Rektor Itenas Meilinda Nurbanasari saat ditemui seusai vaksinasi, Senin (29/3) siang. Meski demikian, kata dia, hingga saat ini masih belum diputuskan apakah kegiatan sekolah tatap muka akan segera dilakukan atau tidak. “Masih ada waktu cukup bagi kita semua untuk memastikan situasi, kondisi, fakta-fakta yang ada menjadi perhatian kita,” ujar dia. Pemprov DI Yogyakarta berencana untuk memulai pembelajaran tatap muka secara terbatas di masa pandemi Covid-19. Direncanakan, pembelajaran tatap muka ini dimulai saat perpanjangan PPKM berbasis mikro pada 23 Maret.

Permasalahan teknis seperti suara yang putus-putus dan video yang berhenti menyebabkan pembelajaran tidak efektif dan murid tidak dapat menyerap informasi yang disampaikan guru secara utuh. Menjaga kesehatan selama berada di kampus bisa dilakukan dengan membawa obat-obatan pribadi dan vitamin, apalagi jika Sobat harus mengonsumsinya secara rutin. Buatlah pengingat khusus untuk minum obat dan jangan Deposit Pulsa Tanpa Potongan lupa membawa air mineral sendiri. Selain lebih aman, helm pribadi meminimalkan kontak secara tidak langsung dengan penumpang lainnya. Jika Sobat merasa kesulitan harus membawa helm ke kampus, carilah tempat penitipan helm yang aman. Selain perlu membawa alat kuliah, mahasiswa juga perlu membawa alat ibadah sendiri untuk menghindari penggunaan alat ibadah bersama-sama dengan mahasiswa lain.

Jika ada tugas mendadak dan kamu belum selesai mengerjakan, sinyal bisa menjadi alasan untuk mendapatkan toleransi dari dosen. Tapi, jika kuliah tatap muka sudah dimulai, dosen tidak akan memberikan toleransi untuk keterlambatan pengumpulan tugas. Bahkan, di beberapa, lokasi pasien yang dinyatakan positif Covid-19 kian bertambah. Selama pandemi Covid-19, berbagai aspek mengalami penyesuaian, mulai dari bekerja dari rumah hingga kuliah daring dan sekolah on-line. Semua aktivitas tersebut memiliki tujuan untuk meminimalisir penularan Covid-19. Selain keluarga dapat berkolaborasi dalam membangun karakter, peserta didik juga dapat membangun ability penguasaan teknologi karena pembelajaran daring memerlukan penguasaan teknologi yang mencukupi.

Persiapan itu termasuk vaksinasi terhadap dosen dan tendik yang saat ini sedang berlangsung, serta vaksinasi untuk mahasiswa yang direncanakan berikutnya. Pun, ia menekankan dengan diselenggarakan pembelajaran tatap muka, perguruan tinggi harus tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan mahasiswa, dosen, tenaga pendidik, serta masyarakat sekitar. Selain itu, dalam melaksanakan pembelajaran tatap muka, perguruan tinggi harus memenuhi beberapa syarat yaitu persiapan, pelaksanaan, dan pemantauan. Pembelajaran tatap muka dilakukan dengan sistem rotasi yang mana baru sekitar 50% siswa yang masuk dan sisanya melakukan pembelajaran daring. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Mahasiswa yang punya komorbiditas Covid – 19, tak disarankan untuk langsung menempati rumah indekos. Mereka akan ditempatkan di ruang isolasi milik kampus hingga kondisinya pulih dan siap kembali ke masyarakat. Sementara, Plt Rektor UNY, Margana, menuturkan universitas sedang menakar kebutuhan yang diperlukan dalam pelaksanaan perkuliahan tatap muka. Targetnya sebelum masa libur akhir tahun 2020, jadwal kuliah berikut dengan petunjuk teknis pelaksanaannya sudah dirils. Pada Agustus 2020, Nadiem terlebih dulu mengizinkan sekolah di zona kuning dan hijau untuk melakukan pembelajaran tatap muka.