Bisnis Makanan dan Minuman

Mempertahankan Semangat Belajar Selama Pandemi Covid

Namun, masih banyak cara yang dapat dilakukan orang tua untuk memastikan anak mereka berkembang, meskipun harus menjalani kelas secara daring. Aliran listrik dari tenaga surya itu baru dinyalakan sore hingga pagi hari. Sehingga anjuran belajar dari rumah menggunakan program TVRI juga tak bisa dilakukan para siswa.

Tugas tersebut kemudian menjadi tanggung jawabnya untuk menjadi pengajar di rumah. “Menurut saya tidak maksimal, karena yang namanya anak lebih senang ke guru kalau untuk belajar. Kalau di rumah untuk Slot Online Terpercaya mengulangi saja. Kalau anak saya modelnya di rumah dia tidak mau belajar. Jadi saya yang harus ngoyo,” kata dia. Sebagai seorang ibu rumah tangga, ia tidak terbiasa setiap saat memegang ponsel.

Di usia siswa yang masih muda tentu kehidupan mereka sepenuhnya hanya dengan melakukan kegiatan, menulis, belajar, berpertualang, menciptakan sesuatu hal baru, menyelesaikan suatu masalah, serta mendesain. Ketika berada di sekolah, jangan pernah menjadikan siswa sebagai peserta pasif di kelas. Karena hal tersebut dapat menurunkan minat dan mengurangi rasa keingintahuannya. Gunakanlah metode belajar yang aktif dengan memberikan siswa tugas berupa simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar. Jangan berikan jawaban apabila tugas tersebut dirasa sanggup dilakukan oleh siswa. Upaya untuk memindahkan kegiatan belajar di rumah memang tidak mudah.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Setidaknya pihak sekolah bisa memberikan dua pilihan tugas yang menyesuaikan dengan minat anak tersebut. Maka, secara tidak langsung, mereka dapat merasakan otonomi lebih besar dan dapat meningkatkan proses pembelajaran. Pembelajaran on-line dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Pemvelajaran on-line dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar tidak dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media, baik media cetak maupun non cetak (audio/video), komputer/internet, siaran radio dan televisi. Tujuan Pondok Yatim & Dhuafa adalah untuk membantu anak yatim & dhuafa menjadi generasi yang Taqwa, Cerdas, danMandiri.

Buat ruangan khusus untuk ia belajar, siapkan peralatannya seperti meja, kursi, laptop dan buku-buku dengan baik. Buat anak-anak memanggil Kamu dengan sebutan Ibu atau Bapak, ciptakan jadwal yang sama, buat bel istirahat, dan selingi dengan video games seru yang masih berkaitan dengan pembelajaran. Program pinjaman dana pendidikan dengan tawaran proses yang lebih mudah dan cicilan menguntungkan. Bukan memindahkan sekolah ke rumah, tetapi guru perlu memilih materi-materi penting yang perlu dilakukan anak-anak di rumah.

Hal ini berdasarkan surat edaran dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Pembelajaran jarak jauh ini menuntut anak untuk menguasai materi pembelajaran yang diberikan guru secara on-line. Kelas-kelas di sekolah sudah tergantikan dengan group-group pembelajaran diaplikasi ponsel. Hal ini tentu bukan hal yang mudah bagi semua elemen pendidikan terutama orang tua menghadapi transisi dalam sistem pembelajaran ini.

Nur Zahroni menerapkan pembelajaran dalam jaringan kepada peserta didiknya berupa pembuatan puisi bertema corona. Bukan itu saja, puisi-puisi yang dibuat peserta didiknya diminta juga untuk dihias dengan gambar warna-warni bertema hal yang serupa. Jadilah keindahan puisi hasil karya siswa yang nampak sedap dipandang namun juga indah ketika dibacakan. Menurut Widyawan selama pandemi Covid-19 masih berlangsung maka kegiatan secara daring diprediksi meningkat.

Padahal, pembelajaran online bukan metode untuk mengubah belajar tatap muka dengan aplikasi digital, bukan pula membebani siswa dengan tugas yang bertumpuk setiap hari. Pembelajaran secara on-line harusnya mendorong siswa menjadi kreatif mengakses sebanyak mungkin sumber pengetahuan, menghasilkan karya, mengasah wawasan dan ujungnya membentuk siswa menjadi pembelajar sepanjang hayat. Kepala Sekolah juga harus berinovasi dalam menjalankan fungsi supervisi atau pembinaan kepada Guru untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar telah dilakukan oleh guru dan peserta didik meskipun menggunakan metode jarak jauh . Kepala Sekolah juga dapat memberikan solusi dan motivasi kepada guru di sekolah, sehingga guru-guru yang belum siap memanfaatkan media daring dapat disupervisi dan diberi solusi.