Bisnis Makanan dan Minuman

Panduan Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Selama Pandemi Covid

Jika anak punya masalah dengan guru atau pelatih, dia harus mempertanggungjawabkannya. Tidak disarankan orang tua ikut campur permasalahan di antara figur otoritas dan anak. Anak perlu belajar bagaimana menangani masalahnya sendiri atau setidaknya meminta Anda untuk membantu mereka. Anggota dewan Homeschool Association of California, Jamie Heston, mengatakan ajak anak berdiskusi tentang daftar kegiatan yang mereka bisa lakukan serta pelajari. Selain itu, ia menambahkan, orang tua bisa membuat salah satu sudut rumah menjadi area belajar yang kondusif serta sehat. Suasana belajar yang menyenangkan juga bisa dibangun di dalam sudut rumah tersebut.

Inilah dampak negatif dari pembelajaran on-line yang saya rasakan dan alami. Sekolah yang memiliki dana cukup bisa juga dengan memfasilitasi siswa dengan membelikan paket knowledge untuk mendukung pembelajaran daring. Dalam kondisi yang sangat terpaksa sekolah juga bisa membuat kebijakan dengan penugasan maupun tes secara luring, namun tetap memperhatian protokol Kesehatan. KONTAN.CO.ID -Selama masa pandemi Corona, pembelajaran jarak jauh dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus ini. Selama lebih dari 6 bulan lamanya, siswa dan mahasiswa melaksanakan pembelajaran daring. Pandemi Covid-19 telah mengubah wajah pendidikan di seluruh dunia.

Cara agar anak tetap semangat sekolah disaat pandemi

Oleh karenanya, orang tua harus terus belajar membiasakan diri dengan mengetahui tujuan anak belajar di rumah. Najeela meminta orang tua untuk mengingat-ingat apa tujuan anak belajar selama ini. Sebagai orang tua, tentu kita ingin anak memiliki komitmen, bertanggung jawab, dan dapat menyelesaikan tugas,” jelas Najeela. Dengan jadwal harian membantu anak memastikan kebutuhan dirinya bisa terpenuhi.

Tetapi itu tidak mematahkan semangat bagi generasi milenial bangsa ini. Peserta didik di tempat saya mengajar guru mengoptimalkan waktu dan cara agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Peserta didiknya pun antusias dan semangat walaupun awalnya masih asing dengan pembelajaran on-line ini.

Sehingga ketercapaian penggunaan dan pengoperasian platform dapat dijalankan. Untuk kuota para guru sudah dimasukkan ke dana BOS sesuai edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga guru dapat mengoperasikan aplikasi pembelajaran daring/online. Jakarta, Ditjen Aptika – Teman tuli beserta guru Sekolah Luar Biasa terapkan inovasi dalam belajar daring selama pandemi. Sejak pandemi Covid-19, berbagai inovasi dilakukan agar proses belajar tetap berjalan.

Simpan di tempat yang tidak diketahui anak, sehingga ia tidak bisa mengambil dan memainkannya tanpa seizin Parents. Sebagai contoh, orangtua dapat memberikan waktu sekitar 1-2 jam Situs Bola Online dalam sehari bagi anak menggunakan gadget untuk bermaingame atau menonton. Namun, saat anak menggunakangadget,Parentstetap harus mendampinginya agar ia tidak menyalahgunakan.

Koneksi internet yang baik akan memudahkanmu untuk tetap terhubung dengan guru maupun dosen saat belajar dari rumah. Siswa dapat belajar dengan lebih baik apabila berada dalam suasana yang menyenangkan, merasa aman, bebas dari rasa tegang. Guru Pintar bisa mencairkan suasana tegang dalam belajar dengan memberikan humor di tengah-tengah pengajaran yang sedang diberikan. Selain itu, Guru Pintar wajib memberikan perhatian yang sama pada semua siswa, agar setiap siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengaktualisasikan dirinya di kelas on-line kita. Menumbuhkan minat belajar siswa di musim pandemi membutuhkan biaya tambahan yang mungkin tidak masuk dalam alokasi keuangan sekolah. Faktor infrastruktur memang mempengaruhi proses belajar daring, tetapi bagaimana guru dapat melaksanakan target kurikulum bisa tetap tercapai.

Terakhir, minta anak untuk menjaga jarak dengan teman saat di sekolah. Nadiem Makarim menegaskan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memperbolehkan pembelajaran tatap muka, namun bukan diwajibkan. Kondisi tersebut yang membuat kegiatan sekolah masih belum dilaksanan dengan tatap muka.

Konsep belajar menggembirakan sebagaimana digagas oleh Ki Hajar Dewantara menjadi hal yang sulit diwujudkan di musim pandemi. Minat belajar siswa secara umum terdampak dengan diberlakukan sistem belajar daring yang saat ini diterapkan dalam proses belajar mengajar. Media belajar yang menarik dan kreatif bisa menjadi daya tarik siswa untuk belajar. Dengan media yang demikian itu, fokus siswa dalam belajar bisa ditingkatkan. Ada pun media belajar yang bisa menjadi alternatif untuk menunjang kegiatan belajar siswa bisa berupa video belajar beranimasi. Jika Anda menggunakan platform LMS untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, pastikan platform tersebut menyediakan layanan video belajar dengan animasi untuk membantu penjelasan yang Anda sampaikan.

Tips di atas dapat menjadikan mereka terbiasa dengan jadwal yang baru dan mendapatkan suasana yang mirip dengan sekolah. Berikan mereka sesi untuk menelpon teman-teman mereka juga di waktu istirahat. Laporkan sesi belajar tersebut ke guru dengan cara yang menyenangkan pula, seperti merekamnya di video. Orang tua juga bisa ajak anak membantu di dapur untuk sesi makan siangnya.