Bisnis Makanan dan Minuman

Pemko Dumai Buka Sekolah Tatap Muka Juli 2021

Untuk itu, para pelajar harus diatur mulai dari masuk sekolah, belajar, hingga ketika akan meninggalkan sekolah saat jam pulang sekolah. “Protokol Kesehatan ketat harus diterapkan untuk mencegah klaster baru kasus Covid-19 di Dumai dan suksesnya pembelajaran tatap muka tidak lepas dari komitmen dan sinergitas seluruh pemangku kepentingan,” terangnya. Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengungkapkan Indonesia terlambat melakukan sekolah tatap muka.

Orangtua/wali dapat memutuskan bagi anaknya untuk tetap melaksanakan PJJ walaupun satuan pendidikan sudah memulai PTM terbatas. Satuan pendidikan wajib memenuhi daftar periksa sebelum memulai layanan PTM. Pemda, melalui dinas perhubungan, diminta untuk memastikan adanya akses transportasi yang aman ke dan dari satuan pendidikan. Selain itu, pemda bersama dengan Satgas Covid-19 daerah diimbau untuk melakukan testing saat ditemukan gejala dan melakukan tracing ketika ditemukan kasus konfirmasi positif . Akan tetapi, terdapat pula perbedaan kemampuan finansial orangtua dalam menyediakan fasilitas internet, baik kuota maupun penyediaan gawai untuk mengakses berbagai program yang disediakan pemerintah.

Nadiem menjelaskan saat ini sudah ada 22 persen sekolah di Tanah Air yang melakukan PTM secara terbatas. Pemerintah melakukan akselerasi dengan mempercepat vaksinasi guru dan tenaga kependidikan dan juga fleksibilitas dana Bantuan Operasional Sekolah . Selama masa transisi, yakni dua bulan pertama, kantin tidak diperbolehkan buka. Warga satuan pendidikan disarankan membawa makanan/minuman dari rumah dengan menu gizi seimbang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Pemprov DKI Jakarta terlebih dahulu akan melihat fakta dan information kasus Covid-19 sebelum membuka sekolah seperti yang diminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem. Jadi artinya, tidak semua serta merta harus melakukan tatap muka karena harus melalui data periksa dari Kemendikbud,” ujarnya. Pertama, untuk PAUD, SD/MI, SLB, sederajat, pesantren, dan pendidikan keagamaan vaksinasi dosis pertama paling lambat dilaksanakan pada akhir minggu kedua Mei 2021. Lalu kedua, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, sederajat vaksinasi dosis pertama paling lambat dilaksanakan akhir minggu keempat Mei 2021. Ketiga, pendidikan tinggi vaksinasi dosis pertama paling lambat dilaksanakan pada akhir minggu kedua Juni 2021. Melansir laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud-Ristek, Jokowi menekankan PTM terbatas tetap harus fokus melindungi keselamatan, kesehatan, serta orientasi berpusat pada peserta didik.

Penerapan pembelajaran jarak jauh selama lebih dari satu tahun telah menimbulkan berbagai dampak negatif. Vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan mendorong pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas. Seluruh penyiapan infrastruktur dan protokol kesehatan Daftar Togel Online AKB di satuan pendidikan, menurutnya, harus dilakukan terlebih dahulu, sambil dilakukan pembukaan secara paralel. Ia menegaskan, pemerintah dan pihak sekolah wajib melakukan perlindungan berlapis untuk keselamatan anak-anak saat sekolah tatap muka.

“Oleh karena itu perlu kerja ekstra keras untuk memvaksin sekitar four juta guru dan tenaga pendidikan yang belum tervaksinasi karena mayoritas mereka berada di kota-kota kecil,” ungkap Penasihat Dewan Pendidikan Jawa Timur itu. Zainuddin Maliki menegaskan, jika pilihannya adalah melaksanakan PTM, maka di samping pengurangan jam dan jumlah rombongan belajar, juga penyiapan lingkungan belajar sesuai tuntutan prokes perlu diperhatikan. “Vaksinasi guru seyogyanya juga masuk dalam bagian dari upaya penyiapan PTM”, ungkap mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya itu. Pada bulan Desember, ratusan wilayah RI melaksanakan pilkada disusul dengan libur akhir tahun.

Aman pun menuturkan, rekomendasi dikeluarkan setelah IDAI melakukan kajian terkait pembukaan sekolah yang diwacanakan Juli 2021. Meski demikian, proses pembelajaran tersebut tetap harus dilakukan dengan hati-hati mengingat pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Menlu Retno ditelepon Menlu Arab Saudi dua jam sebelum kebijakan haji 2021 diumumkan pemerintah Arab Saudi.

Isu sekolah tatap muka Juli 2021

Ia menjelaskan pula bahwa pemerintah kota sudah meminta sekolah memastikan protokol kesehatan dijalankan dalam proses penerimaan peserta didik baru . Menurut dia, sekolah-sekolah yang sudah melakukan uji coba akan menjadi kelompok pertama yang menjalankan kegiatan pembelajaran tatap muka. Pemda Solo mengklaim sebagian besar sekolah dipastikan sudah memenuhi persyaratan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka. Yang menjadi sorotan, usai divaksin, para guru dan tenaga pendidik harus tetap menerapkan 3M . “Pemerataan vaksinasi, berapa guru yang divaksin di Aceh per kota, kabupaten dan provinsi, dan pemetaan vaksinasi juga lengkap berdasarkan jenjang pendidikan, karena sekolah PAUD dibuka nantinya,” jelas Salim. Satuan pendidikan juga dapat memanfaatkan ruang-ruang terbuka sebagai tempat pembelajaran tatap muka terbatas.