Bisnis Makanan dan Minuman

Sekolah Wajib Tatap Muka Terbatas, Syaratnya Vaksinasi Guru Rampung, Ini Aturan Lengkapnya

Namun terkait tentang pembelajaran tatap muka yang telah disarankan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli nanti, dirinya pun tak berkomentar banyak. “Stok vaksin sudah banyak, sudah tidak ada lagi kekhawatiran tentang keterbatasan vaksin. Disinilah peran seluruh elemen masyarakat untuk memotivasi pendidik dan tenaga kependidikan yang belum divaksinasi agar segera datang ke tempat-tempat vaksinasi baik di Puskesmas maupun sentra vaksinasi lainnya,” terangnya. “Kami akan kembali bersurat ke seluruh dinas kesehatan kabupaten/kota dan kepala-kepala Puskesmas untuk melakukan percepatan vaksinasi bagi guru karena masih banyak yang perlu divaksin,” ujarnya. Vaksinasi nasional mulai dilakukan pemerintah untuk menekan angka virus corona atau Covid-19. “Dimulai dari jenjang PAUD, SD dan SLB baru kemudian jenjang SMP, SMA dan perguruan tinggi,” ujar Nadiem dalam peluncuran program vaksinasi untuk guru di SMAN 70 Jakarta, Jakarta, Rabu (24/2) dikutip dari Antara.

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengatakan kebijakan PPN bidang pendidikan bertentangan dengan konstitusi dan tidak boleh diteruskan. Media sosial dan situs berita on-line ramai membahas pajak pertambahan nilai atau PPN sembako yang bakal dikenakan Menkeu Sri Mulyani. Pemerintah Indonesia mulai mengutip pajak jasa pendidikan, jasa medis, dan bahan pangan yang dikenai pajak pertambahan nilai atau PPN. Menlu Retno ditelepon Menlu Arab Saudi dua jam sebelum kebijakan haji 2021 diumumkan pemerintah Arab Saudi. Lapor Caovid-19 menemukan 34% masyarakat Jakarta ragu kemanjuran vaksin Covid-19 yang tengah divaksinasikan saat ini. “Kalau untuk siswa, kita mengacunya vaksin ini kan untuk usia di atas 18 tahun. Kecuali ada kajian lain yang memperbolehkan vaksin ke usia di bawah itu,” ucapnya.

Selain vaksinasi, penyiapan pembelajaran tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan juga harus tetap dilakukan. Menurut Unifah, cara yang tepat untuk program vaksinasi guru dan tenaga kependidikan berdasarkan data riil di lapangan. Dengan model seperti itu, dapat memastikan vaksinasi menyasar kepada guru yang akan menjalankan pembelajaran tatap muka .

Menanggapi hal ini, sejumlah guru yang tergabung dalam berbagai asosiasi menyampaikan dukungannya. Diantaranya adalah Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia , Unifah Rosyidi yang menyambut baik peluncuran pertama vaksinasi bagi PTK. “Hal ini adalah wujud komitmen pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19 serta menciptakan ekosistem pembelajaran yang lebih aman dan nyaman bagi peserta didik,” tutur Unifah. Tenaga pendidik menjadi salah satu prioritas agar bisa segera melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka. Pekerja publik yang belum terdaftar dalam pelaksanaan vaksinasi, menurut dia, bisa menanyakan hal tersebut kepada instansi tempatnya bekerja agar segera didaftarkan ke Dinkes setempat. Terkait jadwal pelaksanaan dan lokasi vaksinasinya, pekerja publik perlu menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari dinkes, yang kemungkinan dapat mengonsentrasikan lokasi dan waktu pelaksanaan pada satu waktu atau lokasi tertentu.

Melalui Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan , Menteri Dalam Negeri , Menteri Kesehatan , dan Menteri Agama , sekolah didorong untuk segera melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan protokol kesehatan. Selain itu juga untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana pendukung sekolah yang dimungkinkan melakukan pembelajaran tatap muka siap dan terpenuhi, sesuai dalam pemenuhan standar protokol kesehatan COVID-19. Dia mengatakan simulasi tersebut dilaksanakan untuk melihat kesiapan satuan dinas pendidikan mulai dari dinas, kepala sekolah, guru hingga para orang tua. Dia mengatakan jumlah guru yang divaksin tersebut akan terus bertambah seiring dengan pelaksanaan jadwal vaksin untuk para tenaga pendidik di kota setempat.

Untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan target sasaran ini dilakukan mulai Selasa (06/04) hingga Jumat (09/04). Sekda Yasin menjelaskan, dipilihnya guru dari Kecamatan Nganjuk untuk menerima vaksin terlebih dahulu adalah karena banyak sekolah yang berpusat di wilayah kota. Sehingga pelaksanaannya didahulukan, dan diikuti guru dari kecamatan lainnya. Guru dan tenaga kependidikan SMA N 3 Bola Online Semarang mulai divaksinasi COVID-19 hari ini, three Maret 2021. Total jumlah guru baik ASN maupun non-ASN yang divaksin sejumlah sixty four orang. Tempat vaksinasi sendiri di Puskesmas Poncol, yang terletak di Jalan Imam Bonjol Nomor 114 , Semarang, Jawa Tengah.

Distribusinya akan mengikuti pola dan distribusi pemerintah pusat yang dikoordinasikan oleh Kementerian Kesehatan. ”Dalam program vaksinasi tahap II ini, tenaga pendidik termasuk dosen UMP seharusnya masuk dalam program vaksinasi tahap II. Namun, saat klinik UMP baru mendapat jatah vaksin untuk 25 pegawai UMP” kata staf Humas UMP, Tegar. Mengenai sasaran vaksinasi, sebanyak 5,5 juta tenaga pendidik yang akan divaksin sudah mencakup guru dan dosen swasta atau negeri di bawah Kementerian Agama dan di bawah Kemendikbud, termasuk juga guru pendidikan formal dan nonformal. “Jadi, kami upayakan sebaik mungkin untuk memastikan semua itu selesai di akhir Juni,” kata dia. Untuk bisa membuka sekolah serentak dengan aman, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah, katanya.

Vaksin bagi guru

Herlin Ferliana, Kepala Dinas Kesehatan Jatim menegaskan bahwa guru yang belum melakukan vaksinasi Covid-19 tidak boleh mengajar tatap muka. Sebelumnya, vaksinasi guru dan tenaga pendidik telah dimulai sejak akhir Februari 2021 lalu. Meskipun sekolah wajib memberikan pembelajaran tatap muka terbatas, namun orang tua bebas memilih opsi pembelajaran.

Selain itu Dr. Yaswardi juga menegaskan bahwa pemerintah daerah memiliki peran kunci dalam memastikan kesuksesan vaksinasi PTK. “Pemerintah pusat berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota akan memastikan pelaksanaan vaksinasi PTK berjalan dengan baik sesuai arahan Presiden. Kita juga akan memperhatikan respon pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota terkait kesiapan melaksanakan pembelajaran tatap muka”. Presiden RI Joko Widodo meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi guru dan tenaga pendidik tersebut.

Suara.com – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengungkapkan goal penyelesaian program vaksinasi covid-19 untuk guru dan tenaga pendidik mundur ke Agustus 2021. JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengatakan vaksinasi bagi guru dan tenaga pendidik menjadi salah satu prioritas utama pemerintah. Targetnya sebelum dilaksanakan pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan pada bulan Juli mendatang sudah selesai. Wajib memenuhi daftar periksa sebelum memulai layanan pembelajaran tatap muka terbatas sesuai dengan sesuai dengan protokol kesehatan dari Kementerian Kesehatan . “Guru-guru yang telah divaksin wajib memberikan pelayanan pembelajaran tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan,” tegas Mendikbud.