Bisnis Makanan dan Minuman

Uji Coba Sekolah Tatap Muka Di Jakarta Dan Bandung

YOGYAKARTA — Pelaksanaan uji coba sekolah tatap muka untuk jenjang SD dan SMP di Kota Yogyakarta akan dilakukan dua tahap, yaitu pada akhir April dan tahap dua akan dilaksanakan usai Lebaran. Ia pun mencontohkan beberapa sekolah seperti di SD Serayu yang dalam satu angkatan kelas memiliki total 121 siswa terdapat 21 yang tidak mengikuti uji coba tatap muka. Begitu pula di SMP Negeri 1 Yogyakarta dari 253 siswa kelas 7 yang tidak berangkat 17 siswa, dan di kelas 8 yang tidak masuk 40 siswa dari 274 siswa. Pelaksanaan uji coba PTM, lanjutnya, akan dilaksanakan dengan ketentuan ketat. Sekolah dan orang tua siswa wajib melakukan protokol kesehatan dari siswa berangkat, di dalam sekolah, hingga pulang ke rumah. Siswa SMA SMK dilakukan uji coba terbatas sekolah tatap muka karena dianggap sudah dalam kondisi yang cakap dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Sekolah tatap muka uji coba

Menlu Retno ditelepon Menlu Arab Saudi dua jam sebelum kebijakan haji 2021 diumumkan pemerintah Arab Saudi. Selama dua bulan pelonggaran kegiatan warga di Kabupaten Wonogiri berlangsung, jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah lebih dari 1.200 orang. “Kalau ada satu siswa saja yang positif, maka PTM harus ditutup.

Menurutnya, beberapa sekolah sudah mulai memanggil orang tua untuk dilakukan sosialisasi sebelum siswa benar-benar belajar pada Juli nanti. Hal ini perlu dilakukan sebelum nantinya para orang tua menandatangani surat persetujuan agar anak-anaknya kembali belajar secara langsung. Terkait simulasi belajar tatap muka, Dewi mengaku tidak mengetahui hal tersebut dengan pasti. Dari 85 sekolah yang menjadi lokasi uji coba, belum ada satu pun laporan pelanggaran protokol kesehatan. Protokol kesehatan ketat mulai dari pembatasan jumlah siswa di dalam kelas hingga penyemprotan disinfektan sebelum dan setelah pembelajaran masih dijalankan pihak sekolah.

“Rencana saya akan datang ke sekolah dengan teman-teman untuk melihat persiapannya seperti apa sebelum menandatangani surat persetujuan orang tua apakah menyetujui anaknya masuk sekolah atau tidak. Sebelum itu, kami ingin memastikan dulu apakah betul persiapannya seperti apa. Kalau dari kami sih sebenarnya anak-anak sudah antusias untuk bisa masuk, tapi kalau saya lihat memang orang tua yang khawatir,” tuturnya.

“Saat ini uji coba PTM tahap satu. Yang kemarin piloting terbatas,” ujar humas Dinas Pendidikan DKI tersebut saat dihubungi wartawan pada Selasa, eight Juni 2021. Di masa uji coba PTM kali ini pembatasan kapasitas keterisian kelas 50% tetap dilakukan. UGM Yogyakarta mengalahkan UI di daftar universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR, tapi kalah di versi THE.

Ikatan Dokter Anak Indonesia menilai kebijakan membuka sekolah atau melangsungkan pembelajaran tatap muka belum aman diterapkan dalam waktu dekat. Mereka mempertimbangkan hak anak berdasarkan konvensi Hak-hak Anak dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Keputusan Presiden No. 36 Tahun 1990. Selain itu, perkembangan Covid-19 secara nasional yang kembali meningkat, temuan kasus varian baru dan, cakupan vaksinasi yang belum mencapai goal. Dalam pelaksanaannya uji coba ini Pemprov DKI membatasi jumlah siswa di setiap kelas maksimal 50% dari kapasitas.

Satriwan menyayangkan jika alasanya sekolah SMA negeri di Jakarta belum mengisi dan melengkapi daftar periksa yang dibuat Kemdikbud. “P2G mempertanyakan, apa dan bagaimana kriteria penentuan eighty five sekolah tersebut sebagai piloting oleh Dinas Pendidikan? P2G menemukan fakta untuk jenjang SMA, justru dari eighty five sekolah, tidak ada satu pun SMA negeri di Jakarta yang menjadi piloting,” kata Koordinator Nasional P2G, Satriwan Salim. “Dari a hundred Daftar Situs Judi Slot Terpercaya 2021 sekolah, yang dinyatakan lulus 86 sekolah, 2 SMA negeri tidak lulus untuk ikut piloting. Peserta piloting awalnya 86 sekolah, satu sekolah mengundurkan diri sehingga piloting diikuti oleh 85 sekolah dari jenjang SD, SMP, SMA, SMK dan Madrasah,” pungkas Momon.